Selamat Datang, di Blog : Http://andreas-samk.blogspot.com// Andreas Samak, ST LoveLove Nurul "Forever" Semoga Artikel yang sahabat cari ada di sini dan semoga bermanfaat. Goodluck !!!

Tuesday 4 December 2012

Mungkinkah Kecanduan Teh?


Tanya:
Sejak remaja saya selalu minum teh setiap hari, biasanya setiap pagi dan malam. Kadang malah lebih. Belakangan ini saya sedang sibuk di kantor dan kadang nggak sempat minum teh seharian, tapi saya jadi sakit kepala. Bukan sekadar pusing ringan, tapi sakit kepala menusuk-nusuk. Anehnya, setelah saya minum teh, sakit kepala itu berkurang sampai lama-lama akhirnya hilang. Mungkinkah saya kecanduan teh? Atau saya menderita penyakit lain yang memang gejalanya bisa diringankan oleh teh? 


Prima, 32 tahun

Jawab:
Dear Prima,

Sama seperti kopi, teh juga dapat menimbulkan kecanduan (adiksi) karena teh mempunyai zat aktif teanin. Sifat kerja teanin mirip dengan cara kerja kafein pada kopi yaitu bekerja merangsang kerja sistem saraf pusat (Central Nervous System stimulant). Rangsangan yang ditimbulkan oleh teanin memang tidak sekuat kafein, namun juga bisa menimbulkan efek yang serupa seperti hilangnya rasa kantuk, membuat konsentrasi meningkat/lebih siaga, dan juga bersifat diuresis (membuat air seni menjadi lebih banyak).

Apa yang Anda alami dapat merupakan gejala putus zat (withdrawal symptoms) akibat adiksi teanin. Saya sarankan cobalah untuk minum kembali teh sebanyak 2 gelas per hari (pagi dan sore hari). Apabila gejala yang Anda alami berkurang atau hilang, maka memang kemungkinan besar akibat “withdrawal symptoms”. Setelah itu cobalah perlahan-lahan dikurangi menjadi satu kali per hari hingga sedikit demi sedikit anda dapat bebas dari adiksi terhadap teh.

dr. JanfrionalApabila gejala tidak berkurang dengan konsumsi teh, maka kondisi yang Anda alami bukanlah akibat withdrawal symptoms atau adiksi terhadap teh. Bila hal ini yang terjadi, saya sarankan untuk dikonsultasikan dan diperiksakan ke dokter.

Semoga membantu. Terima kasih.



dr. Janfrional
www.meetdoctor.com



***

Punya pertanyaan seputar kesehatan, kecantikan, keuangan, asmara, atau fashion? Kirim ketanyaahli@yahoo-inc.com




BACA JUGA:

Lima kebaikan teh herbal
Waspada bahaya terlalu sering minum es teh
Lima fakta menarik mengenai teh
Efek merugikan dari teh hijau
Metode menyeduh teh yang tepat dan sehat








PERINGATAN
Setiap dan seluruh isi dari halaman ini disediakan “sebagaimana adanya” untuk tujuan informasi semata-mata dan tidak dimaksudkan untuk tujuan atau nasihat kesehatan. Yahoo! dan pemegang lisensinya tidak bertanggung jawab terhadap kelengkapan, akurasi atau kelayakan dari, atau atas setiap tindakan yang dilakukan berdasarkan, isi halaman ini. Kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan ahli medis yang berkualifikasi dan mempunyai izin sebelum bergantung pada isi halaman ini atau mengambil atau tidak mengambil suatu tindakan berdasarkan atau dengan bergantung pada isi halaman ini.

0 comments:

Post a Comment