Selamat Datang, di Blog : Http://andreas-samk.blogspot.com// Andreas Samak, ST LoveLove Nurul "Forever" Semoga Artikel yang sahabat cari ada di sini dan semoga bermanfaat. Goodluck !!!

Monday 2 March 2015

Pesan dan Kesan di akhir perjalanan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM-MPd) Kec. Bika 2015

All will always be in my memory,
My hope for this program further yours district community Bika.

Bika Nazareth,
Kamis, 19 February 2015

Saya ucapkan Selamat Sore dan Salam Sejahtera untuk kita semua,

Dengan berakhirnya program PNPM-MPd ini sejak dikeluarkannya surat kemendagri bahwa tertanggal 31 desember 2014, maka semua fasilitator se-indonesia dirumahkan dengan kata lain di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).
Nah, saya selaku fasilitator merasa sangat terkejut dengan berita yang ada ini, bukan berarti saya susah atau bingung akan kehilangan pekerjaan saya( iya juga sih, karena masih banyak administrasi yg belum selesai khususnya dokumen akhir Tahun Anggaran), Tetapi saya terkejut dengan keputusan yg diambil secara tiba2 tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada semua fasilitator, karena sebelum2nya informasi yg sudah kita terima, bahwa program akan berlanjut sampai dengan akhir tahun 2015 dengan susunan, strategi dan RKTL yg sudah di rencanakan sedemikian rupa secara mantap oleh para pengambil kebijakan dalam tugas fasilitasi khususnya pimpinan program di tingkat provinsi bahkan tingkat pusat, di dalam pola pikir saya pribadi sebagai fasilitator bahwa program ini akan berakhir dengan ending yang memuaskan, indah, dimana semua administrasi terselesaikan, tdk ada lagi dokumen yg terlewatkan, pokoknya mantaplah. Namun dengan kebijakan yg diambil tiba2 ini, semua harapan, rencana, strategi dengan impian tadinya ending program akan berakhir dg baik dan indah ini seolah sirna dg cepat sekali bagaikan debu yang tertiup hembusan angin siang, begitu mudah sekali menghilangkannya.

Hahhh,….saya hanya bisa menarik nafas panjang, karena sedih dengan kebijakan tersebut, seolah pengabdian kita selama ini tdk dihargai, hasil perekrutan fasilitator di anggap seolah tdk mengeluarkan dana yg begitu besar, seolah seorang fasilitator itu hanya kaum yg mengemis pekerjaan, seolah fasilitator itu adl manusia yang memiliki SDM yg tdk bermutu. Tanpa kabar, tanpa alasan, tanpa santunan, tanpa apalahgi ya,..pokoknya tanpa apa aja…. Bagaikan bola lama yg sudah usang sekali tendang langsung terlontar keluar pagar lapangan dan tak akan pernah kembali lagi.

Ya sudah lah,…semuanya sudah terlanjur, bicara pun tdk berguna, tdk di anggap, kamu siapa? Kamu hanya org biasa, ingin mengadu? Mengadu kemana? Percuma,..namun saya pribadi berharap biarlah hal ini terjadi, mungkin ada sisi baik yang belum sempat terpikirkan oleh saya secara pribadi, semoga saja apa yg ingin direncanakan oleh para pengambil kebijakan bisa memberikan solusi yg terbaik buat negri ini. amin 

Pada saat kesempatan ini,
Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar2nya kepada seluruh masyarakat se-kecamatan bika, baik dalam tingkah laku, kata dan tegur sapa, senda gurau, canda tawa, fasilitasi, penyampaian yg kurang pas didengar atau singgah dihati, baik saat musyawrah/rapat2 baik skala kecil maupun skala besar seperti saat MAD, entah saat OJT, IST bahkan saat pelatihan, entah itu sengaja ataupun tdk disengaja ataupun juga kelalaian dari saya pribadi, saya juga sadar bahwa saya masih banyak kekurangan serta kelemahan dalam pendampingan baik dalam fasilitasi maupun dalam pengambilan keputusan, saya juga merasa masih perlu dan banyak belajar lagi. Maka dari itu saya pribadi ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar2nya, saya juga manusia biasa yg tdk luput dr kesalahan, namun saya akan tetap berusaha utk menjadi pribadi yg lebih baik. Mohon dimaafkan.

Saya juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua masyarakat se-kecamatan bika,
Ucapan terima kasih saya ucapkan kepada Pak camat Bika selaku Pembina, PjOK, rekan Tim Kecamatan FK, UPK, BKAD, BP-UPK, PL, Tim Verifikasi dan Tim Pendanaan. Serta tdk lupa juga saya ucapkan banyak terima kasih kepada rekan2 sesama pelaku program di tingkat desa,KPMD, TPK dan pelaku lainnya beserta Pak Kades dan aparaturnya.
Dan juga semua kita yang hadir disini.
Ucapan Terima kasih juga kepada Satker Kabupaten dan Fasilitator kabupaten selaku guru yang mengajar, membimbing serta memotivasi dan selalu member semangat dalam berkarya.

Harapan saya semoga  aset program khususnya dikecamatan bika ini dapat dijaga dan dilestarikan terutama kegiatan dana bergulir atau yang kita kenal dengan SPP. Kalaupun nantinya ada pergantian pengurus terhadap kelembagaan yang ada, harapan saya semoga pengurus ini memiliki tingkat loyalitas, jujur dan semangat kerja yang tinggi serta rela swadaya dalam pelayanan terhadap masyarakat secara umumnya, jangan sampai pengurus selanjutnya hanya semangat di awal namun luntur setelah mendalami pekerjaannya, harus tahan terhadap goncangan seperti bisikan kata, brita yang seolah ingin menjatuhkan, buktikan kalau anda benar, intinya bekerjalah sesuai aturan, sesuai SOP yang ada, realisasikan usulan sesuai kebutuhan dan prioritas. Jangan lupa arsipkan setiap administrasi pekerjaan, dokumentasi, jangan menunda2 pekerjaan, jalani saja, belajar dan banyak belajar. Jangan malu bertanya kepada pendahulu/pengurus yang lama, belajar tdk hanya mengenai administrasi, belajar itu luas bisa bahasa, cara bertindak, sikap dan pengambilan keputusan yg bijak. saya yakin anda semua bisa, jaga lah kepercayaan masyarakat.

Pesan yang ingin saya sampaikan adalah Khususnya di daerah kecamatan bika ini, yaitu Semoga masyarakat bika bisa saling support, bekerja sama lah yg baik, berpikir positif, banyak bekerja dari pada bicara, berani mengkritik serta memberikan solusi yang terbaik dan juga bisa memberikan contoh penerapan yg mudah untuk dipahami oleh sesama, kritikan yg membangun yang kita harapkan, jauhkan rasa curiga yg akan menjatuhkan dirimu, jauhkan sifat iri, jangan berpikir negative, kalau ragu, belum tahu, bertanya lah, jalinlah komunikasi dengan baik, dg komunikasi maka semuanya bisa diatasi bersama. Belajarlah dlm hal rencana, bekerja dan berusaha, capailah hasil sesuai harapan dan doa.
Sekian pesannya. Saya yakin dan percaya Masyarakat bika bisa.
Kesan yg saya rasakan selama bertugas dikecamatan bika ini lebih kurang 2 tahun adalah saya terkesan dengan rasa kebersamaan kita yg masih tinggi dan saling tegur sapa senyum ria yg selalu menghiasi hari2 hingga tak terasa saya sudah lama berdiri disini hingga pada saat ini. intinya kesan yang saya rasakan  tak bisa sy ungkapkan dg kata2,..terlalu indah untuk diungkapkan. Itu saja.

Kalaupun nantinya kita terpisah, komunikasi tentunya mulai jarang, namun jika kita berpapasan, bertemu atau betigung bahu, entah dimana kah itu, saya harapkan jangan malu dan jangan sungkan untuk menegur dan menyapa, kita semua bersaudara.

Semuanya akan itu akan saya kenang dan akan selalu ada dalam ingatanku.
All will always be in my memory,
Harapanku untuk keberlanjutan program ini ada di tanganmu semua masyarakat kecamatan bika
My hope for this program further yours district community Bika.

Wise of wisdom :

“Ketika kita mengajar orang lain, kita tidak sedang menghabiskan waktu, tetapi kita sedang menanamkan iman”.

“Hiduplah seperti lilin yang menerangi orang lain, jangan hidup seperti duri yang mencucuk dan menyakiti orang lain”.

“Ketika ada yang salah dari apa yang kamu lihat, mungkin kesalahannya adalah caramu melihatnya”.

“Berpikir selalu hal-hal yg positif, biarlah berlalu suara2 sumbang yang seoalah2 ingin menghentikan langkah, usaha dan semangatmu”.

“Waktu tidak pernah berjalan mundur, hari pun tidak akan pernah terulang, namun hari esok tetap menawarkan cerita yang baru sesaui rencana, usaha dan harapan”.

Beristirahatlah sejenak disaat anda sudah terlihat lelah, istirahat bukan berarti berhenti tetapi  untuk menempuh perjalanan “yang lebih jauh lagi”.

“Tetaplah tersenyum walaupun hampir gila”.

Sekian dari saya, Salam hangat dan rindu utk semuanya.
                                     
Regards,

Andreas Samak, ST
Fasilitator Teknik 2012 - 2014

0 comments:

Post a Comment