Selamat Datang, di Blog : Http://andreas-samk.blogspot.com// Andreas Samak, ST LoveLove Nurul "Forever" Semoga Artikel yang sahabat cari ada di sini dan semoga bermanfaat. Goodluck !!!

Tuesday 3 September 2024

Beberapa fungsi kerokan untuk kesehatan

 


**Kerokan** atau **kerok badan** adalah metode pengobatan tradisional yang telah lama digunakan di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, seperti Tiongkok. Biasanya, kerokan dilakukan dengan menggosokkan koin atau alat tumpul lainnya di permukaan kulit yang telah diolesi minyak atau balsem. Berikut beberapa fungsi kerokan untuk kesehatan:

### 1. **Meredakan Masuk Angin**

   - Kerokan sering digunakan untuk mengatasi "masuk angin," suatu kondisi yang sering diartikan sebagai gejala flu, perut kembung, atau tubuh merasa lemas. Metode ini diyakini dapat melancarkan peredaran darah dan membuang "angin" dari dalam tubuh.

### 2. **Meningkatkan Sirkulasi Darah**

   - Proses kerokan dapat meningkatkan aliran darah di area yang digosok, membantu tubuh melepaskan ketegangan otot dan rasa nyeri. Peningkatan sirkulasi ini juga dapat membantu mempercepat pemulihan otot setelah aktivitas fisik yang berat.

### 3. **Meredakan Nyeri Otot dan Pegal-Pegal**

   - Kerokan juga sering digunakan untuk meredakan nyeri otot, kelelahan, dan pegal-pegal. Ketika darah mengalir lebih lancar, otot yang tegang dapat lebih cepat pulih.

### 4. **Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh**

   - Beberapa praktisi pengobatan tradisional percaya bahwa kerokan dapat meningkatkan respons imun tubuh, terutama saat tubuh merasa lemas atau sedang dalam proses melawan infeksi ringan.

### 5. **Menghilangkan Rasa Pusing**

   - Kerokan bisa membantu meredakan pusing atau sakit kepala yang disebabkan oleh stres atau kelelahan dengan cara meningkatkan aliran darah ke otak dan mengurangi ketegangan di leher dan bahu.

### 6. **Mengatasi Masalah Pernapasan**

   - Kerokan di area punggung dan dada bisa membantu melonggarkan otot-otot yang tegang, sehingga memperbaiki pernapasan pada orang yang mengalami gejala seperti asma ringan atau batuk.

### 7. **Membuat Tubuh Lebih Rileks**

   - Setelah melakukan kerokan, banyak orang merasa lebih rileks dan nyaman karena sensasi hangat yang dihasilkan dari gesekan kulit dengan koin atau alat lainnya.

### Catatan Penting

Meskipun kerokan dipercaya memiliki banyak manfaat, penting untuk diingat bahwa metode ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kulit sensitif atau masalah pembekuan darah. Selain itu, kerokan sebaiknya dilakukan oleh orang yang berpengalaman untuk menghindari cedera atau iritasi kulit.

Jika gejala yang dirasakan tidak membaik atau semakin parah, disarankan untuk mencari saran medis dari profesional kesehatan.

0 comments: