Selamat Datang, di Blog : Http://andreas-samk.blogspot.com// Andreas Samak, ST LoveLove Nurul "Forever" Semoga Artikel yang sahabat cari ada di sini dan semoga bermanfaat. Goodluck !!!

Monday 12 March 2012

Atasi Rasa Nyeri Tanpa Obat


Atasi Rasa Nyeri Tanpa Obat


Ghiboo.com - Sering mengalami nyeri di bagian tubuh memang tak mengenakan. Rasa nyeri merupakan suatu gejala yang sering dialami oleh siapapun. 

Tak perlu panik dengan langsung minum obat pereda nyeri. Cukup lakukan hal berikut ini, yang dilansir melalui Prevention, Jumat (9/3). 

Pijatan

Menurut dr Teltelbaum, nyeri otot adalah nyeri yang paling sering terjadi. Jika merasa pegal dan nyeri di sekitar bagian otot, coba tekan otot tersebut dan lakukan pijatan di bagian yang terasa nyeri selama 45 detik.

"Tekan terus hingga di jari Anda muncul warna putih dan tahan hingga 45 detik. Awalnya, memang terasa sakit, namun cara ini dapat meningkatkan aliran energi untuk membuat otot lebih rileks dan mengurangi rasa nyeri," papar dr. Teitelbaum.

Jika rasa nyeri muncul di area tubuh yang sulit dijangkau, seperti punggung, bahu, atau leher, maka cobalah gunakan bola tenis. Berbaringlah di lantai, tempatkan bola di pusat rasa nyeri dan gerakan tubuh Anda, rasakan tekanan bola pada punggung Anda. Lakukan selama sekitar satu hingga lima menit.

Dengarkan Musik

Menurut hasil temuan dari ilmuwan Prancis, mendengarkan musik ternyata juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada penderita nyeri punggung kronis. Penelitian lain menemukan bahwa hampir setengah dari pasien kanker yang mendengarkan musik selama 30 menit, dapat mengurangi rasa sakit hingga 50 menit.

"Dengarkan musik dengan irama yang menenangkan dan jangan rasakan rasa nyeri tersebut. Cara ini membantu Anda tak terlalu merasakannya," tambah Dr. Teitelbaum.

Minyak atau Gel

Mengoleskan gel, balsem atau minyak panas di daerah yang terasa nyeri juga bisa membantu meningkatkan aliran darah di bagian tubuh yang terasa sakit. Kandungan mentol dan camphor membantu menghambat sensor pada nyeri, sehingga membantu mengurangi rasa nyeri tersebut.

0 comments:

Post a Comment